fbpx

Tips Cerdas Memilih Gainer untuk Kamu yang Ingin Menambah Bobot Tubuh dan Massa Otot

Bagi para pencinta fitness, nama gainer tentu sudah tak asing lagi. Gainer sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai produk nutrisi baik oleh mereka yang aktif melakukan fitness maupun orang biasa. Gainer umumnya dikonsumsi untuk membantu meningkatkan bobot tubuh serta meningkatkan massa otot.
Suplemen ini memiliki beberapa kandungan yang sangat penting untuk menaikkan berat badan dan menambah massa otot. Ada setidaknya 3 kandungan utama dalam gainer yang berfungsi memenuhi kebutuhan kompleks di dalam tubuh seperti protein, karbohidrat dan kalori.

Jenis-jenis Gainer

Ada beberapa jenis gainer yang tersedia di pasaran dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jenis-jenis tersebut adalah:

1. High Protein Weight Gainer
Gainer ini mempunyai kandungan kalori yang rendah namun kaya akan protein. Setidaknya untuk setiap takaran sajinya, ada 45-60 gram protein di dalamnya. Salah satu merek high protein weight gainer yang cukup populer adalah Masstech Extreme.
Gainer satu ini mengandung setidaknya 63 gram protein per takaran sajinya. Tak hanya itu, Masstech Extreme juga mengandung karbohidrat yang tinggi untuk meningkatkan kadar insulin sekaligus meningkatkan jumlah glikogen pada otot. Tambahan 10 gram creatine monohydrate akan mengembalikan ATP di tubuh dan meningkatkan kekuatan. Tak hanya itu, masih ada 14 gram BCAA di dalamnya yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan otot, kekuatan dan pemulihan pasca berolahraga.

2. High Carb Weight Gainer
High carb weight gainer mempunyai kandungan lemak, kalori dan karbohidrat yang sama tingginya. Sementara itu kandungan proteinnya biasanya sama dengan gainer jenis lain. Yang membedakannya dengan high protein weight gainer adalah kandungan kalorinya saja.
Salah satu contoh produk weight gainer jenis high carb adalah Mutant Mass. Produk satu ini mampu memberikan asupan hingga 1.000 kalori per takaran sajinya. Tidak hanya itu, ingredients-nya juga dibuat dari protein berkualitas tinggi. Meskipun dibuat tanpa pemanis buatan, rasanya tetap enak.
Mutant Mass juga dilengkapi dengan kalsium, potassium dan serat. Komponen-komponen ini akan membantu serat-serat otot lebih mudah terbentuk dan melebarkan pembuluh darah secara berkala. Seperti yang kita ketahui, pelebaran pembuluh darah bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah.
Untuk membedakan kedua jenis gainer, kamu cukup memerhatikan komposisinya saja. Jika kandungan proteinnya tinggi, maka artinya gainer tersebut termasuk ke dalam jenis High Protein Weight Gainer. Jika yang lebih tinggi adalah kandungan karbohidratnya, maka gainer tersebut termasuk High Carb Weight Gainer.
Rekomendasi Gainer Terbaik untuk Kamu
Selain Masstech Extreme dan Mutant Mass, masih banyak lagi merek gainer yang bisa kamu pilih karena memiliki kualitas terbaik. Misalnya saja RSP True Gain. Gainer satu ini mampu membantu proses pembentukan otot sekaligus mengoptimalkan pemulihan setelah latihan. Pembangunan otot dan penambahan ukurannya terjadi karena adanya kandungan karbohidrat dan protein tinggi yang terkandung di dalamnya.
Selain itu masih ada Masstech Performance. Gainer ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa protein dan kalori berkualitas. Selain itu, terdapat tambahan nutrisi berupa omega-3, lemak baik, BCAA hingga creatine.
Untuk memastikan pertumbuhan massa otot berjalan maksimal, kamu juga bisa memilih Evo Mass. Produk satu ini memiliki kandungan protein agar pertumbuhan masa otot di dalam tubuh dapat berjalan maksimal. Tambahan karbohidrat dan kalori di dalamnya memastikan tubuh kamu mendapatkan energi yang cukup untuk berlatih.

Tips Memilih Gainer

Sebelum membeli gainer, penting untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Kamu bisa membaca pada bagian nutrition facts pada labelnya. Ada 2 tips yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memilih produk gainer yakni :

1. Perhatikan kandungan gula, sodium dan kolesterolnya. Pilihlah gainer dengan kandungan minimal dari ketiga bahan tersebut. Jika gula, sodium atau kolesterolnya terlalu tinggi, bukan massa otot yang bertambah melainkan hanya air dan lemak saja. Konsumsi gainer dengan kandungan gula terlalu banyak juga bisa berpotensi menyebabkan diabetes
2. Perhatikan kadar saturated fat (lemak jenuh). Lemak jenuh umumnya bersumber dari hewan dan dapat meningkatkan risiko masalah pada jantung (kardiovaskular) serta meningkatkan risiko diabetes tipe 2 jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Jadi, pastikan kandungan lemak jenuhnya tidak terlalu tinggi.

Siapa Saja yang Sebaiknya Mengonsumsi Gainer ?

Selain untuk menambah berat badan, konsumsi gainer juga direkomendasikan bagi kamu yang sedang dalam proses bulking otot. Meminum suplemen berupa gainer akan membantu proses pembentukannya menjadi lebih cepat.
Konsumsi gainer juga direkomendasikan bagi mereka yang ectomorph atau memiliki tubuh kurus (berat badan di bawah rata-rata). Selain itu, mereka yang rutin melakukan fitness sebaiknya mengonsumsi gainer untuk menjaga agar tubuh tetap ada dalam mode anabolik (membentuk otot). Jika tujuan konsumsi gainer kamu adalah untuk menambah berat badan, jangan lupa sertai dengan olahraga, istirahat serta konsumsi makanan yang cukup dan bernutrisi agar hasilnya semakin maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *